By | December 7, 2021

Produksi ikan nasional, dari perikanan tangkap dan budi daya pada 2020, menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, mencapai 230 juta ton, dengan nilai seluruhnya Rp380 triliun. Komoditas ekspor terkuatnya adalah udang , dengan volume 208 ribu ton, dan nilainya hampir USD2 miliar . Arwana merah dan botia merupakan dua jenis ikan hias yang tak absen dari daftar ekspor Indonesia. Ia mengatakan berdasarkan information yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Daya Saing Kementerian Kelautan dan Perikanan nilai ekspor di sektor kelautan dan perikanan itu sangat besar.

Ekspor Ikan

“Pemerintah akan terus melakukan pengawasan dan membantu mencari pasar baru bagi produk unggulan Sulut,” katanya. Diketahui, selama ini produk ekspor khususnya sektor perikanan asal Sulut banyak diminati negara-negara di Asia, Eropa, Amerika bahkan Afrika. Beberpa jenis komoditi ikan berkualitas dari laut Indonesia menjadi primadona ekspor.

Artati menegaskan, peningkatan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan ini menjadi momentum untuk pencapaian target ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar. Dia pun optimistis goal tersebut bisa tercapai mengingat permintaan seafood di pasar global yang kian meningkat. Pasalnya, ikan tuna sirip kuning yang diekspor merupakan hasil tangkapan para nelayan yang berasal dari Pacitan, Banyuwangi dan Benoa. Pertumbuhan nilai ekspor tersebut disambut baik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

JAKARTA – Dikenal sebagai negara maritim, Indonesia memiliki komoditas ekspor produk perikanan yang beragam. Faktanya, Indonesia mampu mengekspor berbagai jenis produk perikanan ke berbagai negara. Karenanya, dalam kesempatan ini dia mengajak para pelaku usaha untuk terus meningkatkan ekspor hasil perikanan berlabel halal dan memiliki nilai kualitas berupa sistem jaminan kesehatan ikan. Selama caturwulan pertama 2021 ekspor komoditas kelautan dan perikanan menunjukkan kinerja positif. Merujuk data Badan Pusat Statistik , dibanding tahun lalu, peningkatan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan mencapai 4,15% selama Januari-April 2021 .

KG Media dapat menggunakan information dirimu untuk proses verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau jika kami menemukan aktivitas mencurigakan. Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Biak tengah bersiap untuk melakukan ekspor perdana ke Jepang dan Tiongkok.

Itu jadi tantangan sampai detik ini,” ungkap Direktur Eksekutif Pusat Kajian untuk Kemanusiaan, Abdul Halim, kepada Gatra.com, Senin (9/9). Max Lomban mengakui, kebijakan moratorium menguntungkan nelayan kecil di kotanya dengan daya tangkap ikan terbatas bukan untuk industri. Terkait dengan industri pengolahan ikan, puluhan unit pengolahan dan pabrik ikan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, tidak beroperasi lagi. Wali Kota Bitung Max Lomban mengatakan, hal itu menyebabkan krisis ekonomi dan dirasakan warga sejak 2015 hingga sekarang. Sementara itu, Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Imam Apriyanto Putro, pekan lalu, meminta BUMN bidang perikanan untuk meningkatkan peran menjadi pembeli atas hasil produksi perikanan. Menteri Edhy menegaskan KKP telah mengizinkan kapal pengangkut ikan hidup untuk membeli langsung hasil produksi para pembudi daya.

Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda mengatakan, pemrosesan ikan dari penangkapan hingga ke pasar menjadi faktor utama yang menghambat ekspor ikan di Indonesia. Selain dua negara tersebut, masih banyak potensi pasar dari negara lain yang bisa digunakan. Apalagi, Rina menyebut negara-negara yang selama ini menjadi penghasil produk perikanan banyak yang terganggu akibat pandemi Covid-19. Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Kelautan dan Perikanan membantah kabar yang menyebut bahwa seluruh produk ekspor perikanan dari Indonesia telah ditolak otoritas China. Hal ini merespons soal laporan bahwa salah satu kontainer produk perikanan Indonesia yang akan masuk ke Negeri Tirai Bambu terkontaminasi Covid-19. “Untuk hasil ikan yang diekspor sendiri, diantaranya mulai dari ikan layang, ikan cakalang, ikan karapu, ikan tuna, ikan tenggiri, ikan kakap, lobster dan kepiting bakau,” jelasnya.

Hasil penelitian secara serempak harga ekspor ikan tuna, nilai tukar dan jumlah produksi ikan tuna berpengaruh nyata terhadap quantity ekspor ikan tuna Indonesia. Secara parsial harga ekspor ikan tuna, nilai tukar dan jumlah produksi ikan tuna berpengaruh nyata terhadap quantity ekspor ikan tuna Indonesia. Kendati, nilai ekspor ikan hias menurun menjadi US$ 13,8 juta atau setara Rp 194,6 miliar hingga awal Agustus 2020. Rina menuturkan Indonesia memang melakukan ekspor ikan tuna dalam kemasan kaleng ke sejumlah negara di Timur Tengah. Hanya saja, ekspor Indonesia ke Timur Tengah masih kalah jauh dibandingkan Thailand yang menguasai 71 persen pasar impor Timur Tengah untuk produk TTC .

“Sebelumnya, kami juga baru melepas ekspor perdana ke Tiongkok untuk produk ikan kaca piring sebanyak 12 ton. Dalam waktu dekat, Perinus juga akan melakukan ekspor perdana ke Tiongkok untuk produk ikan layur beku sebanyak 25 ton, dan ke Philipina untuk produk ikan Marlin,” ungkapnya. Sementara itu, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara Sigit Muhartono mengatakan, ekspor perdana ke Amerika Serikat dilakukan dengan PO tahap awal sebanyak 132 ton atau dengan nilai sekitar Rp 13 Miliar. Sebelumnya, Perinus juga telah melakukan ekspor produk gurita steam dan whole frozen ke Jepang.

Sarilamak – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono menilai bahwa ikan air tawar memiliki peluang ekspor yang besar terkhusus untuk ikan air tawar seperti ikan semah, ikan dewa dan ikan ‘gariang’. Raenhat menuturkan ikan kembung adalah ikan primadona yang banyak dicari baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ikan kembung adalah ikan dengan harga terjangkau namun kandungan gizinya tidak kalah dengan ikan salmon yang cenderung mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *