By | December 3, 2021

Padahal complete nilai ekspor dunia untuk produk ini adalah 593 juta USD yang 42% pangsa pasarnya didominasi oleh India. Sabut kelapa merupakan komponen terbesar pada buah kelapa (sekitar 35%). Saat ini sabut kelapa hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar pada pengeringan kopra. Banyak yang mengira sabut kelapa hanyalah limbah, padahal terdapat peluang bisnis besar. Nilai jual produk sabut kelapa indonesia pun sangat rendah, di saat beberapa negara seperti Brazil dan Kenya mampu menjual produk ini dengan harga di atas 1,000 USD per Ton.

Juga masih terdapat 58% potensi pasar tersebut yang belum terealisasikan senilai 127 juta USD (setara 1.8 triliun Rupiah). Sayangnya, saat ini produk VCO Indonesia belum siap untuk diekspor ke pasar Eropa yang sebetulnya juga memiliki potensi besar bagi produk VCO. Business matching tidak harus bertatap muka secara langsung, tapi dilakukan secara daring.

“Harga batok atau tempurung kelapa tergantung dari kualitasnya. Mulai dari harga Rp800 hingga Rp1000 per kilogram,” ungkapnya. Namun, disini kita juga mengetahui bahwa potensi kuat ekspor produk kelapa harus diimbangi dengan pemenuhan standar kualitas dan sustainability. Perlu untuk kita bersama-sama membantu petani kelapa dalam edukasi standar dan akses modal sehingga mampu memproduksi produk olahan kelapa yang bernilai tinggi di pasar world. Niscaya produk olahan kelapa Indonesia mampu meningkatkan devisa negara kita secara signifikan. VCO sendiri memiliki citra kuat di pasar ekspor, khususnya Amerika Serikat dan Eropa, sebagai minyak yang sehat. Hal ini dikarenakan kandungan lauric acid nya yang tinggi (sekitar 50%) dan tidak ada trans-fatty acid.

EKspor arang kelapa

Diungkapkanya bahwa untuk memenuhi kebutuhan arang batok yang berjumlah puluhan ton tersebut, pihaknya melalui BUMNag Mutiara Mandiri menjalin kerjasama dengan sejumlah pedagang buah kelapa di kecamatan itu. CV Indoarab Enterprise mengakui dukungan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia membantu perusahaan dalam mengembangkan usahanya & memperluas pasar tujuan ekspor. Salah satu perjanjian perdagangan yang sudah berjalan adalah Indonesia – Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement. Dengan adanya perjanjian ini, Chile saat ini sebaiknya mulai menjadi prioritas untuk negara tujuan ekspor. Terdapat beberapa produk kelapa Indonesia yang perlu kita lihat performa ekspornya.

Selain itu, harus memiliki legalitas agar dapat mengakses pembiayaan. Tak kalah penting, untuk selalu konsisten dalam menjalankan bisnis, menjaga komitmen dengan pembeli,” ujarnya. Guna mendorong ekspor UMKM, Teten menegaskan perlu sinergi semua pihak, mulai dari perbankan lewat Himbara, Pemda, BUMN, dan pemerintah pusat. Saat ini, ekspor UMKM masih 14 persen dari quantity ekspor nasional, ditargetkan dapat mencapai 17 persen pada 2024.

Merupakan anugerah Tuhan kualitas tempurung kelapa Indonesia merupakan yang terbaik,” katanya. Arang briket kelapa satu-satunya pasar dimana demand lebih tinggi dari suply. Banyak permintaan yang tidak bisa dipenuhi oleh Asep karena keterbatasan bahan baku.

Lalu, Indonesia juga merupakan eksportir terbesar kedua, setelah Filipina, untuk produk kelapa parutan kering atau desiccated coconut senilai 170 juta USD (setara 2.3 triliun Rupiah). Meskipun memiliki nilai jual ekspor yang paling tinggi, performa ekspor produk ini dirasa sulit untuk ditingkatkan dikarenakan konsumsi dalam negeri Indonesia yang sudah begitu besar. Pabrik kami ada 3 lokasi bila di oeprasikan ketiganya kami mampu memproduksi eight ton Briket tempurung kelapa dalam satu harinya. Setelah berbentuk adonan arang kelapa maka keluar dari mesin langsung dicetak sesuai size dan bentuk yang di minta.

Gula yang diproduksi dari pohon aren tidak memiliki potensi kuat untuk diekspor karena memiliki bau dan aroma yang kuat. Sehingga gula aren tinggi sekali tingkat konsumsinya dalam negeri karena sering dipakai untuk memasak dan membuat kue tradisional. Gula kelapa ini berpotensi untuk diekspor karena aroma dan baunya lebih fleksibel untuk dikonsumsi di dunia, dan konsumsi dalam negeri tidak setinggi gula aren.