By | January 17, 2022

Periode pendaftaran untuk negara mitra berbeda-beda yaitu; untuk negara Uni Eropa 2 kali setahun; untuk negara China, Korea, Vietnam dan Kanada 3-4 kali setahun. Proses pendaftaran periode berikutnya dilakukan apabila pengajuan nomor registrasi periode sebelumnya telah disetujui. Tarif Jasa Karantina yang dikenakan dihitung berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah No. seventy five Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Besaran tarif yang harus dikeluarkan oleh pengguna jasa tergantung jenis tindakan yang dilakukan oleh petugas karantina, fasilitas karantina yang digunakan dan jenis/ukuran/jumlah komoditas ikan itu sendiri. Paling cepat 1 hari dan paling lama 14 hari tergantung kepada komoditas ikan dan metode pengujian yang akan lakukan. Selain itu lama tidaknya waktu yang dibutuhkan juga dipengaruhi tingkat risiko komoditas itu terhadap penyebaran hama dan penyakit ikan karantina.

Hal yang perlu diketahui sebelum melakukan kegiatan ekspor

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa setiap dokumen penting telah Anda simpan dengan baik. Manfaatkan fasilitasi yang disediakan oleh pemerintah untuk mencari pangsa pasar ekspor, untuk pengembangan ekspor, tingkatkan daya saing dengan memanfaatkan Surat Keterangan Asal , manfaatkan pembiayaan ekspor dan hal lainnya yang disediakan oleh pemerintah. Untuk barang dibatasi impor, harus melalui mekanisme perizinan impor yang sudah diatur oleh undang-undang. Perusahaan pemilik API/U dapat mengimpor semua jenis barang kecuali barang yang diatur tata niaga impornya dan dilarang impornya. Exportir yang melakukan expor barang khusus harus memenuhi persyaratan dan pengakuan sebagai Exportir Terdaftar dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan, dalam hal ini Direktur Jenderal Perdagangan International. Impor hanya bisa dilakukan oleh mereka yang telah memiliki Angka Pengenal Importir .

Mata kuliah ini membahas ajaran ketuhanan, moralitas, alam semesta, dan motivasi untuk memiliki budi pekerti luhur, dilandasi nilai-nilai common hindu, mengajarkan etos kerja, konsep berkikir yang jelas, komitmen, dan integritas. Mahasiswa dapat mencerminkan perbuatan mereka berdasarkan karakteristik seperti orang Indonesia. Karakteristiknya terdiri dari kepribadian mantap, pemikiran kritis, rasional, etis dan estetika, dinamis, wawasan luas, demokratis beradab. Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi jaringan regular ikan yang dapat menjadi dasar diagnosa kerusakan jaringan. Mampu menyimpulkan organisme parasit pada ikan berdasar sifat biologinya untuk peningkatan produksi akuakultur. Mata kuliah ini membahas tentang semua penyebab penyakit dalam akuakultur, perubahan patologi pada ikan akibat penyakit infeksius yang disebabkan oleh virus, bakteri, toksikan, neoplasma, patologi invertebrata, dan penyakit infeksius pada krustasea.

Metode pembayaran ini juga sama dengan D/P yang membedakan hanya memerlukan persetujuan pembayaran dari importir terlebih dahulu untuk mendapatkan segala dokumen ekspor yang dibutuhkan dari eksportir. Dalam metode pembayaran ini juga memerlukan jangka waktu tertentu, biasanya waktu yang ditentukan 60 – 90 hari setelah ada persetujuan yang telah disetujui. Dengan importir memegang dokumen ekspor yang diserahkan oleh pihak bank maka importir dapat mengambil barang tersebut dengan menemui perwakilan jasa pengiriman tersebut. Dengan menggunakan metode L/C dapat membantu sahabat UKM untuk menerima pembayaran dari importir, setelah produk dan dokumen telah dikirimkan. Dengan menggunakan metode ini sahabat UKM tidak perlu menunggu konfrimasi diterimanya produk di importir.

Adapun perjanjian tertulis yang dimaksud harus mencantumkan dengan jelas jenis jasanya, rincian kegiatan yang dihasilkan di Indonesia, untuk dimanfaatkan di luar Indonesia oleh penerima Ekspor dan nilai penyerahan jasa. Produk itu di antaranya produk besi baja, hortikultura, garam industri, gula, tepung, jagung dan kentang serta komoditas lainnya. Dengan diberlakukannya empat kebijakan di atas, kegiatan ekspor dan impor diharapkan dapat berjalan lancar. Sehingga ketersediaan bahan-bahan yang diperlukan dalam kegiatan ekonomi juga terjamin.